Laporan gaji Pegawai Excel

Rekap gaji karyawan adalah ringkasan informasi rincian slip gaji karyawan yang telah dibayarkan oleh perusahaan berdasarkan periode penggajian. Karena

Laporan gaji Pegawai Excel - Rekap gaji karyawan adalah ringkasan informasi rincian slip gaji karyawan yang telah dibayarkan oleh perusahaan berdasarkan periode penggajian. Karena umumnya penggajian dilakukan dalam periode bulanan, rekap gaji karyawan juga dibuat per bulan.

Rekap ini berisi data gaji dari semua karyawan di seluruh divisi, lengkap dengan berbagai jenis komponennya, seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, termasuk potongan pajaknya. Rekap gaji bisa dibuat dengan Microsoft Excel.

Bagian payroll perusahaan sudah seharusnya memahami cara penggajian yang tepat untuk karyawan. Setiap gaji yang diberikan dilengkapi dengan slip gaji yang rinci. Slip gaji merupakan sebuah laporan yang berupa catatan singkat yang berisi rincian gaji yang merupakan hak karyawan setiap bulan. Menyusun slip gaji excel untuk karyawan di perusahaan yang jumlahnya besar memang tidak selalu mudah.

Karena banyaknya rincian, maka bisa saja muncul banyak kesalahan. Seperti yang kita ketahui, gaji termasuk aspek yang krusial. Jika sampai keliru untuk menghitungnya, risikonya bisa fatal. Apakah di perusahaan Anda saat ini sudah memakai slip gaji otomatis? Ada cukup banyak pilihan format slip gaji untuk perusahaan, entah itu dalam format document atau format excel. Sebagai referensi bagaimana membuat slip gaji,

Baca Juga : Angka Romawi otomatis di excel

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika


Cara Membuat Rekap Gaji Excel

Cara membuat rekap gaji secara manual dengan Excel sebenarnya tidak sulit, hanya memindahkan data dari slip gaji ke kolom Excel. Meski demikian, proses ini menuntut ketelitian dan kehati-hatian agar tidak terjadi salah input atau salah hitung.

Siapkan slip gaji karyawan, dan masukkan data satu per satu. Karena manual, prosesnya akan memakan waktu.

  1. Buka Excel dan buat tabel dengan kolom nama karyawan, NIK, dan departemen atau jabatan.
  2. Tambahkan kolom-kolom sesuai dengan komponen dalam slip gaji, seperti gaji, tunjangan, lembur, tunjangan BPJS, bonus/THR, gaji kotor, iuran BPJS, pinjaman, potongan lain-lain, pajak PPh 21, dan gaji bersih. 
  3. Kemudian, salin data gaji ke kolom gaji, data lembur ke kolom lembur, dan seterusnya.

Proses ini sebenarnya tidak melibatkan perhitungan rumit, sebab setiap komponen sudah terhitung di slip gaji. Karena ini merupakan rekapitulasi, yang perlu dilakukan hanya menjumlahkan saja, terutama jumlah gaji kotor (bruto).

Jumlah gaji kotor merupakan total beban gaji yang dibayarkan perusahaan dalam satu periode penggajian. Sedangkan gaji bersih merupakan jumlah gaji yang diterima karyawan. Selisihnya adalah potongan BPJS, pajak, pinjaman, denda, dan lain-lain.


Tutorial Cara Membuat Rekap Gaji Excel

Dalam tutorial Laporan gaji Pegawai di Excel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan, cara mengelola data excel Interaktif di Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel 2019 atau Office 365 - untuk pengguna Pemula atau Tingkat Lanjut.








Posting Komentar

Author Description

I am a freelancer based in Indonesia specializing in data entry, data management, and data analysis. We specialize in Sales Developer Reports, Financial Reports, Productivity reports, KPIs, Data Analysis In Excel. We have years of experience in the field and are committed to providing you with high quality work in the shortest possible turnaround time.
© adekaryadi.com, All rights reserved. Distributed by Pixabin