Membuat HR Dashboard Excel

Dalam topik ini, kita akan membahas cara Membuat HR Dashboard Excel menggunakan beberapa alat PivotTable, PivotChart.

 adekaryadi.com

Membuat HR Dashboard ExcelDalam pembuatan laporan di excel penyajian data berupa angka-angka yang kompleks tentu akan menjemukan. biasanya penyajian data dalam bentuk gambar dan diagram tentu akan lebih menarik dan lebih mudah dalam membaca datanya. Kebutuhan Membuat dashboard untuk keperluan reporting di excel anda dapat memanfaatkan Pivot Table yang dinamis dengan kombinasi tools excel seperti Pivottable, PivotChart, Timeline dan Slicers. Sebelum kita lanjut membuat Dashboard Excel diharapkan anda dapat mengusai penggunaan dari Pivot Table.

Membuat HR Dashboard Excel 

Dalam topik ini, kita akan membahas cara Membuat HR Dashboard Excel menggunakan beberapa alat PivotTable, PivotChart, dan PivotTable untuk membuat dasbor yang dinamis. Lalu kami akan memberi pengguna kemampuan untuk memfilter data dengan cepat seperti yang mereka inginkan dengan Pemotong dan Garis Waktu, yang memungkinkan PivotTable dan bagan Anda untuk diperluas dan kontrak secara otomatis hanya menampilkan informasi yang ingin dilihat pengguna. 

Beberapa komponen dalam membuat Dashboard excel seperti Pivottable, PivotChart, Timeline dan Slicers.

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah sebuat sistem yang canggih untuk mengolah data secara efisien, excel juga bisa memvisualisasikan sebuah data menjadi lebih menarik.

Definisi Microsoft Excel 

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.  

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik. 

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Fungsi Microsoft Excel 

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.
Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut: 
  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan 
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir 
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata 
  4. Perhitungan kurs mata uang 
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat 
  7. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Komponen membuat Dashboard excel

Beberapa komponen dalam membuat Dashboard excel seperti Pivottable, PivotChart, Timeline dan Slicers.


Baca juga : Laporan Pemeliharaan mesin di Excel


Pivottable

PivotTable adalah alat yang hebat untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data statistik.

PivotTable Berfungsi untuk menganalisis data lembar kerja Menyajikan laporan online atau cetak yang ringkas, menarik, dan memuat anotasi.

PivotChart

PivotChart melengkapi PivotTable dengan menambahkan visualisasi ke data ringkasan dalam PivotTable, serta memudahkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren. PivotTable dan PivotChart memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat tentang data penting di perusahaan. 

Baca Juga : Bisnis Tanpa Modal Yang Menarik

Timeline 

Insert Timeline adalah komponen dashboard yang digunakan sebagai filter tanggal dan waktu dari suatu table, pivot table, dan pivot chart.

Slicer

Slicer adalah fitur PivotTable yang membuat laporan menjadi interaktif. Daripada menggunakan tombol filter di dalam PivotTable, jadi slicer berfungsi untuk menggantikan menu filter.

Slicer Microsoft Excel merupakan alat yang digunakan untuk memfilter data sesuai dengan kebutuhan Laporan dengan memotong bagian data dari tabel yang dibuat menggunakan pivot table di Excel. Slicer berada di menu bar insert dan pada dasarnya cara kerja tools ini sama dengan fitur filter.

Tutorial Membuat HR Dashboard Excel 

Dalam tutorial Report Maintenance Engineering di Excel ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan, cara mengelola data excel Interaktif di Excel 2010, Excel 2013, Excel 2016, Excel 2019 atau Office 365 - untuk pengguna Pemula atau Tingkat Lanjut.



Posting Komentar

Author Description

I am a freelancer based in Indonesia specializing in data entry, data management, and data analysis. We specialize in Sales Developer Reports, Financial Reports, Productivity reports, KPIs, Data Analysis In Excel. We have years of experience in the field and are committed to providing you with high quality work in the shortest possible turnaround time.
© adekaryadi.com, All rights reserved. Distributed by Pixabin